Pusing ACL

ACL (Access Control List) menurut saya, merupakan modul paling utama dalam membuat aplikasi yang mendukung pengguna banyak/multi user. Di dalam modul ini akan difasilitasi pendaftaran/registrasi pengguna, manajemen pengguna, dan juga manajemen privilege/hak akses setiap pengguna pada menu, dan atau pada modul-modul lain sebagai fitur dari aplikasi tersebut.

Saat ini, ini adalah masalah terbesar saya :(. Masih pusing untuk menempatkan tabel apa saja yang mesti saya buat, dan juga bagaimana dan kapan saya harus menyediakan fitur manajemen hak akses di modul ini. Sudah beberapa metode dicoba, tapi masih culun-culun aja ini yang jadi. Beberapa kali juga mencoba berbuat curang :D, dengan mengunduh/download beberapa script-script gratisan dari orang, tapi malah jadi tambah puyeng, dikarenakan mencobanya hanya di sistem lokal saja, alias nginstall webserver di kompie sendiri :D.

Semoga dengan dimuatnya tulisan ini, yang mana juga saya sebarluaskan ke akun-akun social networking saya, ada yang mau dengan senang hati memberikan nasihat dan masukkan… kalau dalam kaskus: maklum masih nubie gan :D:D

Tinggalkan Balasan

